Senin, 02 April 2012

Tugas dan sejuta keasyikannya

Tanah Abang adalah tempat tujuan kami. Saya, Maemunah dan Fatmawati Subetri. Kami adalah teman satu kelompok untuk tugas matakuliah Enterpreneurship. enterpreneurship??? ya terdengar sedikit menggelitik memang, tapi tidak bagi kami, karena kami mahasiswi semester 4 jurusan manajemen administrasi, fakultas ekonomi. Materinya sudah bisa ditebak, begitu juga dengan segudang tugasnya. dan salah satu tugas inilah yang membawa saya dan teman-teman hingga ke tanah abang.

siapa yang tidak kenal tanah abang. Saya fikir semua sudah mengetahuinya, walaupun saya yakin sebagian besar dari kalian banyak yang belum berkunjung ke sana. Pusat penjualan terbesar di indonesia ini terkenal dengan barang murah berkwalitas tinggi, semua ada disini, dari baju, celana jeans, pakaian muslim, sajadah, mukenah, sandal, sepatu, aksesoris dan lain sebagainya, semua dijual dengan harga yang fantastik namun tetap berkwalitas tinggi. tapi jangan salah rumus berbelanja harus tetap diingat, yaitu pintar-pintar memilih barang dan menawar harga (hihihi iya doong tetep harus teliti dan ngga mau rugi :D).

Ok. kembali ke saya, maemunah dan fatma. Tujuan kami adalah untuk ikut berdagang disini, dan barang dagangan yang kami pilih adalah "kerudung cantik" dengan kwalitas bahan nomor satu. awalnya ini adalah bisnis pribadi online saya via BlackBerry Messenger (BBM) dan kebetulan tema tugas bertepatan, jadi ya kalo kata pepatah "sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui", hanya saja bedanya untuk tugas kita harus benar-benar terjun berjualan langsung. Untuk masalah pendanaan, ada pemisahan antara bisnis pribadi dengan bisnis bersama, jelas dong... inikan pembelajaran awal buat temen-temen jadi harus profesional mengikuti prosedur yang memang sudah ditentukan dalam tugas. Posisi saya selain sebagai pihak pertama yang menyediakan barang dagangan, saya juga sebagai pihak kedua yang membeli dan menjual kembali barang itu bersama teman-teman. masalah pembagian  yang menyangkut dengan modal dan laba semua sudah kami atur dan telah disepakati bersama (tidak saya jelaskan disini yaa.. hehehe nanti ketauan lagi modalnya berapa)  dan demi sebuah bisnis, tugas dan pengalaman kami berangkat penuh riang. Tanah Abang I'am coming..... :D.


Perjalanan yang cukup melelahkan, karena membutuhkan waktu sekitar satu jam setengan untuk bisa sampai di sana. tanpa berfikir panjang, kami langsung bergegas menuju salah satu ruko yang memang sudah disediakan oleh paman fatma. Satu ruko sederhana yang dengan ikhlas om baskoro sediakan untuk praktek dan penelitian tugas kami (terimakasih banyak om #bighug kiskiskis muachh). tanpa canggung kami keluarkan barang yang sudah kami beli sekitar satu minggu sebelumnya dari bisnis pribadiku (ehehehehe..).

eksis jeprat - jepret dulu sebelum berjualan hihihihi :D (kanan : Zy, tengah : maemunah, kiri : fatma)
Persiapan tokopun selesai. waktunya untuk berjualan :D....
"ayu bu, silahkan mampir. boleh dilihat dulu ...." suaraku mengawali eksperimen pertama kami (hihihi pantas ya..:D) kemudian dilanjutkan suara fatma dan maemunah yang dengan semangat juga menawarkan barang kami. Tidak begitu lama, sekitar lima belas menit kami sudah mendapatkan pembeli "silahkan bu, cari kerudung apa? ada pashmina cantik, segi empat dari bahan paris juga ada" koarku sambil menunjukkan contoh kerudung.



Pashmina kupu-kupu
segi 4 Paris mawar emily

setelah tawar-menawar ahirnya ibu sriyanti yang berasal dari Jakarta timur itu membeli 5 kerudung dagangan kami. Alhamdulillah.... senang bukan kepalang, kerja keras kami terbayar (Serasa punya tambahan nyawa.. hehe). Setelah ibu sri, disusul dengan pembeli lainnya, walau hanya satu dua kerudung yang mereka beli tapi itu sudah  membuat kita tersenyum sangat lebar dan berpelukan berulang-ulang kali.


sembilan kerudung yang terjual disana, sedikit memang tapi itu tidak  membuat semangat kita menurun. Setelah Tanah Abang, lokasi kita selanjutnya adalah door to door. menarik sekali, kami menjual dan menawarkan langsung dari rumah ke rumah para penduduk, lebih tepatnya para tetanggakosan dan sanak family kami hingga barang dagangan kami terjual habis (masih sisa satu kerudungsih, tapi ahirnya fatma beli hihihihhihihi).
heeemmmm pengalaman yang sangat mengasyikkan dan banyak pelajaran berharga yang kami dapat dari tugas ini. semoga kelak bermanfaat.

terimakasih Mae dan Fatma ^_^ #bighug kiskiskiskis.. muuuaaaccchhhh

7 komentar:

  1. kunjungan balik + follow yaa :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. #gubrak

      bukan kakaaaaa...
      tapi abis jualan disana :D
      hihihihi ketauan ngga dbaca

      makasih sudah mampir..
      silahkan diminum kopinya :D

      Hapus
  3. tugas jika dikerjakan dengan ikhlas memang menyenangkan..apalagi kita hobby:}

    BalasHapus
  4. bener banget bang Muro'i

    makasih ya sudah mampir..
    silahkan diminum kopinya :D

    BalasHapus