Selasa, 24 April 2012

Gelisah Oh Gelisah

Semoga ini bermanfaat, sama sekali tidak ada maksud menggurui karena saya sendiri masih sangat belajar, selamat membaca, mohon maaf jika ada salah kata  ^_^
Gelisah kerap hadir melanda kita (ada yang lagi gelisahkah sekarang??), banyak sekali penyebab dari perasaan gelisah ini timbul, namun jika perasaan ini sudah datang, maka hari-hari dicekam oleh perasaan yang sepi, kekhawatiran terus datang menemani kesunyian diri, dan kadang hidup merasa tidak berarti (ah lebay banget yak). 

Bila gelisah maka akan bertambah resah 
Hiduppun akan terasa smakin susah 
Beraktivitas selalu serba salah 
dan bingung kemana harus melangkah 

tapi itulah kenyataan hidup yang sering kita alami (tapi ga gitu-gitu amatsih).
Sering kali jika kegelisahan datang, ia harus dibayar dengan harga yang mahal, karena ia sangat menyita waktu dan tenaga yang tidak sedikit, hasilnya; wajah terlihat menjadi kusut dan hidup menjadi semrawut.

Memang sulit dimengerti, kenapa gelisah terkadang datang menyelimuti hati. betapapun kita berusaha menepisnya, tetapi semakin kita tepis justru semakin berat kegelisahan

Tidak ada obat yang paling mujarap ketika penyakit itu datang. kecuali kita harus terus mencari apa yang menyebabkan kita gelisah. karena hadirnya setiap perasaan tidaklah mungkin datang dengan sendirinya kecuali ada sesuatu sebab yang mengawalinya.

Beberapa psikologi mengatakan: kegelisahan dan cemas adalah wajar dan dimiliki setiap orang. bukankah setiap hari kita selalu dihadapkan pada masalah-masalah hidup?. Memang, hidup tak bisa lari dari masalah. karena semakin lari dari masalah,  hidup semakin bermasalah. dan cara terbaik menyelesaikan masalah adalah dengan mencari akar masalah. sehingga kegelisahan tidak mendatangkan banyak masalah.

Dalam pandangan psikolog (lagi); dua hal yang melatar belakangi hadirnya kegelisahan adalah karena lemahnya rasa percaya diri. selain itu kegelisahan hadir karena angan-angan yang tidak realistis, atau terlalu berlebihan mengharapkan sesuatu tetapi tidak diimbangi dengan kemampuan atau usaha. Tetapi yang lebih pasti adalah kegelisahan hadir karena keyakinannya akan taqdir (ketetapan Allah) tidak sempurna (melemahnya iman).

Ya, melemahnya Iman adalah salah satu penyebab kegelisahan. Bila kita serahkan hidup ini dengan berbagai persoalannya kepada Allah yang didasarkan atas keyakinan yang mutlak kepada-Nya, akan membuat hati dan jiwa tegar dan teguh dalam menghadapi problem dan tantangan hidup. karena itu, mengimani Allah dengan berbagai atribut-Nya, baik sifat maupun perbuatan-Nya, adalah suatu keharusan.


Orang yang beriman diibaratkan sebuah gunung yang tegar. sekalipun gunung disekeliling goncang, angin topan menerjang, petir bergemuruh, tetapi ia tetap tegar tidak bergeming, kokoh tidak tergoyahkan.  orang yang tidak mempunyai keimanan yang benar akan selalu menderita kehampaan rohani dan selalu merasa kesempitan diri, tetapi orang yang beriman dengan benar, hidupnya selalu diselimuti rasa aman dan kedamaian pikiran.


Apabila hati dipenuhi oleh iman, maka seluruh indra, perasaan dan anggota tubuh tergerak untuk melakukan kebaikan dan amal sholeh. dan setiap iman bertambah dalam hati, maka kekuatan kebaikanpun akan bertambah, lalu hati akan terasa lapang, aman, tenang dan damai.


"Dialah yang telah menurunkan ketenangan kedalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah disamping keimanan mereka yang telah ada" (Qs. Al-Fath (48) : 4 )






* Mari terus perbaiki dan tingkatkan keimanan kita sahabat ^_^ , selalu mentaati perintah dan menjauhi segala larangan-Nya, karena kegelisahan yang hadir karena menyadari betapa banyak dosa dan kesalahan, adalah wujud dari kesadaran iman. Sebab orang yang beriman akan senantiasa resah jika ketaatannya berkurang. Keep hamasah, semangat semangat semangat ^_^ *

4 komentar:

  1. keep moving forward!
    jangan kalut, hilanglah gelisah :)
    ada Allah yang Maha BESAR

    BalasHapus
  2. okeee

    makasih mba sudah mampir ^_^

    BalasHapus
  3. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus